08 Mei 2013

Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk




Bagaimana cara mengganti huruf pada partisi Hardisk ? Mungkin anda pernah menemukan huruf pada bagian drive disk komputer atau laptop tidak seperti yang biasa anda lihat. Misalnya di komputer atau laptop yang digunakan, anda menginginkan CD-ROM anda hurufnya E:\ tetapi yang anda lihat bukan E:\ tetapi D:\ misalnya.


Berikut ini langkah-langkah yang dapat diikuti :

Nyalakan laptop/komputer, kemudian klik Menu Start, maka akan muncul berbagai program. Carilah Control Panel. Bagi Widows 7, ikon Control Panel tepat disebalah kanan bagan Start.
Setelah itu pilihlah Administrative Tools. Apabila pilihan ini tidak muncul, bisa membuka dahulu ‘All Control Panel Item’ padaControl Panel. Apabila anda tetap sulit mencarinya anda tinggal klik di bagian kanan atas layar Control Panel anda atau ‘View By’ dari ‘Category Ke Large Icon’. maka setelah itu seluruh icon di Control Panel akan muncul.
Kemudian pilihlah ‘Administrative Tools’, maka akan terbukaWindows baru yang berisi fitur-fitur di ‘Administrative Tools’.






Pilihlah ‘Computer Management’.
Tunggu beberapa saat hingga muncul Windows baru dengan nama ‘Computer Management’.
Setelah muncul Windows baru berupa ‘Computer Management’, pilihlah menu Storage.
Kemudian klik Disk Management setelah itu akan muncul berbagai volume hardisk dengan berbagai layout, type, danstatus.






Langkah terakhir adalah tinggal diubah, hardisk yang menurut anda tidak tampak seperti biasanya. Caranya adalah dengan meng-klik drive tersebut , lalu klik kanan, pilihlah ‘Change Drive Letter and paths’.






Kemudian dalam kotak dialog drive yang akan terdapat beberapa pilihan diantaranya ‘add’, ‘change’ dan 'remove’. Anda pilih‘Change’.
Langah selanjutnya adalah memilih drive yang sesuai dengan keinginan anda, dengan memilih pilihan yang tersedia pada bagian ‘Assign The Following Drive Letter’ setelah itu klik OK.


Untuk mengubah nama drive pada setiap partisi, hal yang pertama dilakukan adalah dengann cara menukarnya. Kami tidak merekomendasikan Anda untuk langsung mengubahnya, namun menggantinya terlebih dahulu. Hal ini khususnya berlaku jika huruf drive telah dipakai pada partisi yang lain. Jika Anda ingin mengubah drive D:/ menjadi E:/ (dengan asumsi terdapat tiga partisi C:/, D:/ dan E:/), maka sebelum mengubaah D:/ menjadi E;/, Anda harus mengubah dulu drive E:/ ke nama yang lain, misalnya menjadi G:/. setelah itu Anda akan lebih mudah mengubah drive D:/ menjadi E:/. Intinya hanya mengubah dan menukar nama drive dengan nama yang belum digunakan.


>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar